Apasih Perbedaan Stiker Vinyl dan Chromo / Kromo

bahan sticker infinity

Pada dasarnya bahan stiker adalah sebuah lembaran berbahan kertas atau plastik yang di atasnya terdapat gambar dan didalamnya karakteristik stiker memiliki daya rekat yang mana berfungsi untuk ditempel disebuah media yang padat.

Fungsi stiker banyak sekali mulai dari pelabelan, komunitas, partai, mainan anak-anak, alat edukasi, dekorasi, branding atau iklan, otomotif, untuk hobi dan sebagainya.

Jika dilihat dari cara pembuatannya stiker dibagi menjadi 3 bagian yaitu stiker offset, stiker sablon, stiker digital.

Berdasarkan keunggulannya stiker digital dinilai cukup praktis dan bisa dikerjakan dengan mudah, walaupun memiliki kekurangan biaya produksi lebih mahal jika dibuat dalam partai banyak, namun kelebihan dan kepraktisannya lebih banyak lagi dibandingkan dengan kedua cara diatas lainnya.

Didalam dunia percetakan kita mengenal berbagai jenis bahan-bahan stiker diantaranya dari mulai stiker transparan dimana stiker ini hasilnya akan bening dan transparan, stiker scotlight untuk motor biasanya, stiker one way vision, HVS, Oracal, vinyl, cromo dan masih banyak lagi.

Tetapi yang sering kita dengar bahan stiker terbagi menjadi 2 macam yaitu stiker chromo / kromo dan stiker vinyl, lantas apa yang menjadi perbedaannya diantara keduanya.

Stiker Chromo/ Kromo

bahan kromo / chromo

Pada dasarnya bahan stiker cromo adalah berbahan dasar kertas, namun banyak sekali orang yang menggunakan bahan ini sebagai media promosi yang kaitannya didalam ruangan atau indoor.

Seperti para UKM kecil atau skala mikro yang menggunakan stiker jenis ini yang fungsinya hanya untuk memberikan merk atau brending dan juga sebagai saranan promosi yang sangat mudah.

Karena dinilai sangat praktis pembuatannya, serta jenis stiker kromo ini bisa kita kerjakan dirumah sendiri dan bisa di cetak full color dengan bermodalkan printer biasa, komputer, desain sendiri.

Adapun kertas stiker jenis ini banyak sekali dijual dipasaran dan bisa kita beli sesuai dengan kebutuhannya dengan harga yang terjangkau.

Dari berbagai macam kelebihanya stiker ini memiliki kelemahan yaitu mudah robek karena berbahan dasar kertas, dan apabila ada kesalahan penempelan biasanya susah untuk dipindahkan karena jika dipindahkan bahannya akan rusak, serta hasil printnya tidak akan bertahan lama jika kita menggunakan printer biasa.

Selain itu bahan stiker jenis ini tidak tahan air dan tidak tahan goresan, tetapi bisa kita akali dengan memberikan laminasi pada kertas jenis cromo ini, sayangnya akan menambah biaya cost produksi jika ditambahkan laminasi.

Stiker Vinyl

bahan vinyl

Stiker vinyl ini banyak juga jenisnya, namun yang menjadi perbedaan dari bahan chromo yaitu stiker jenis ini terbuat dari bahan plastik, maka dari segi kekuatan stiker ini lebih baik dibandingkan dengan stiker chromo, dan termasuk kepada bahan stiker anti air dan tahan gores.

Kalau soal harga, stiker jenis vinyl pun masih sangat terjangkau dan banyak beredar dipasaran dan tentunya bisa dicetak full color.

Namun sayangnya pembuatannya tidak bisa menggunakan jenis printer biasa karena tintanya tidak akan nempel pada jenis bahan ini.

Kecuali jika anda punya dana lebih bisa membeli printer jenis laser jet atau printer yang bertinta jenis art paper.

Stiker-stiker jenis ini biasanya digunakan untuk stiker souvenir acara atau kegiatan seminar, pelatihan, ataupun bisa digunakan untuk membuat produk yang kaitannya untuk kegiatan outdoor.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya dari perbedaan kedua stiker diatas adalah dari jenis kertasnya, tetapi keduanya bisa kita manfaatkan sesuai dengan efisiensi dan kebutuhan kita, jika hanya untuk sebatas labeling produk atau yang kaitannya didalam ruangan mungkin kromo bisa menjadi alternatif karena kita tidak membutuhkan biaya yang agak besar.

Tetapi jika kebutuhannya menuntut untuk bersentuhan dengan kegiatan outdoor mungkin anda bisa mengeluarkan sedikit biaya berlebih untuk membuatnya dengan menggunakan stiker vinyl, tapi jika anda tidak mau pusing bisa datang ke percetakan digital printing dengan menggunakan jasa mereka.

Karena kostnya lebih murah dan kita pun tidak dipusingkan dengan desain seandainya kita tidak memiliki keahlian dibidang desain.

Semoga apa yang saya sampaikan diatas ada manfaatnya.

Leave a Reply

error: Artikel ini dikunci !!!